selamat lebaran! :D

halo halo semuanya! minal aidin wal faidzin yaa :D
ngomong-ngomong bagaimana dengan lebaran kalian? ada yang pergi mudik? klo saya sih di rumah aja lebaran kali ini :)
oh ya ada yang bikin suka bikin kue lebaran ga? saya kemaren pengen banget bikin, tapi apa daya dapur rumah lagi direnovasi sampai H-1 lebaran jadi gak bisa deh huhu. sebagai penggantinya biskuit-biskuit yang ada di rumah saya bungkus kecil-kecil terus ada label bergambar nuansa lebarannya. labelnya aku desain di komputer trus diprint deh. jadi kue lebaran di rumah saya tetep terasa sentuhan personalnya, soalnya yang begini cuma ada di rumah saya hehehe.




tempat tissu

tempat tissu ini gampang banget dibuatnya! cuma tinggal lipet kain flanel terus dijahit pinggirnya :D





tenun-nan pertama :D



di jurusan saya (Kriya Tekstil) ada yang namanya kuliah olah tenun. jadi tiap mahasiswanya wajib bikin kain tenun sendiri dengan ATBM (alat tenun bukan mesin). ada yang pernah liat ATBM yang kaya gini gak? nah di fakultas saya ada banyak tuh alat begitu. 

ternyata membuat selembar kain tenun tangan kaya gitu R.E.P.O.T-B.A.N.G.E.T! biasanya kalau kalian liat orang nenun kan udah di tahap masuk-masukin benang yang letaknya horizontal (pakan) ke benang-benang yang vertikal (lungsi). ternyata untuk sampai tahap itu kalian musti nyiapin benangnya sendiri, masukin benangnya satu-satu ke mesin. wuih ribet deh pokoknya bikinnya. bingun juga jelasinya klo pakai kata-kata hahaha. kapan-kapan saya bikin videonya deh biar kalian bisa kebayang gimana rempongnya :P

blom lagi klo kita gak bener masukin benangnya. bisa-bisa kusut itu benang-benangnya. klo pas saya kuliah lebih seru lagi tantanganya, karena ATBM di kampus pada gak dalam kondisi baik alias lumayan rusak semua hahaha. ini motif yang dibikin sederhana banget cuma garis-garis doang. cuma emang benangnya ada yang diwarnain gtu. yang saya bikin ini panjangnya cuma 1 meter tapi bikinnya sampai berjam-jam. saya inget banget pas bikin kain ini sampai jam setengah 12 malem di kampus bareng 3 orang temen saya. abis itu saya pulang ke kosan dengan perasaan bahagia banget karena bisa kelar urusan sama ini kerjaan hahahaha #curhat




gak kebayang deh gimana kalau pengrajin kain tenun di daerah-daerah pakai alat yang jauh lebih manual bahkan benangnya bikin sendiri tapi hasil akhirnya bisa jadi kain bermotif rumit. saya aja yang garis garis doang gini udah stres bikinnya :P

sampai sini kalian kebayang gak yang saya omongin? enggak ya? ywd lah gak papa hahaha. pokoknya klo kalian suatu hari bertemu kain tradisional yang dibikin dengan ditenun manual gitu terus motifnya rumit/detail jangan kaget yah klo harganya mahal! terus jangan ditawar kelewat murah atau protes kemahalan. karena percayalah ada ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi dari si pembuatnya di balik kain tersebut ;)

kuliah batik

batik yang dipelajari di kuliah saya bukan hanya mendesain gambar-gambar khas batik tapi lebih mempelajari gimana proses pembuatan batik asli yang seperti diwariskan oleh nenek moyang kita. jadi yang namanya batik itu menutup kain dengan cairan malam (lilin) sebelum memasukannya ke cairan pewarna kain. jadi bagian yang tertutup malam gak akan terkena pewarna tersebut. nantinya kain yang penuh tempelan malam tersebut akan dilunturkan malamnya, sehingga nanti akan tercipta gambar dengan beda warna. jadi kita itu berkreasi dengan cara meletakan malam tersebut ke kainnya. ada yang menggunakan canting, cap besi atau pun kuas lukis.
batik cap, 1 X 1 meter
Batik yang paling atas ini hasil workshop (sekaligus jadi nilai kuliah hasil workshopnya) bersama seniman Jerman "Joachim Blank" kalian bisa lihat beberapa karyanya di sini.
 yup saya dan teman-teman sejurusan belajar bikin batik kontemporer sama orang Jerman. oke mungkin sebaiknya aku ralat aja namanya jadi belajar "teknik wax-resist dyeing" dengan menggunakan aneka benda sebagai cap nya. kalau di karya yang atas ini selain menggunakan cap batik tradisional, saya juga menggunakan batang kayu sebagai cap. jadi yang kotak-kotak berwarna pink muda itu hasil dari nge-batik cap dengan batang kayu. 

batik cap + batik lukis, 1 X 2 meter

batik tulis, 1 X 1 meter 
batik cap, 1 X 2 meter
model : Dika Despanhi Sulaeman

Strawberry kiwi smoothies

jadi ceritanya tadi setelah berbuka, saya iseng ngobrak-ngabrik isi kulkas nyari bahan-bahan yang bisa dipakai buat eksperimen, pas liat bagian bawah ternyata banyak buah yang dibeli minggu lalu belom tersentuh! nah dari pada membusuk beberapa hari lagi jadi mending dijus aja deh.
btw, ini pertama kalinya saya ngeblender kiwi, ternyata warnanya mengecewakan yah setelah diblender hahaha. kirain bakal ijo muda seger bagus gitu, eh malah warnanya ijo butek gitu :P
eh tapi gak tau juga deh, entah kiwi bikinan saya aja yang kematengan makanya warnanya gitu atau emang kiwi itu gak oke warnanya setelah diancurin. 
ah tapi yasudahlah yang penting rasanya enak pas diminum, asem-asem seru :)





D.I.Y coasters

siapa yang punya CD bekas di rumaaaah??!!

kalau kamu bisa baca-baca blog ini, besar kemungkinan kamu pasti punya CD bekas di rumah. hahaha.
nah dari pada nyampah di rumah itu CD, terus mau dibuang agak ragu-ragu gimana gitu karena CD kan masuk sampah B3 jadi gak bisa sembarangan dibuang, 
mending kamu bikin barang yang bermanfaat aja.

kali ini kamu bisa manfaatin CD bekas buat jadi 'coasters' alias tatakan gelas. bahan-bahan yang diperlukan cuma kain flanel, lem & gunting. udah.

alat & bahan yang diperlukan
1. tempel 1 sisi CD di kain
2. gunting melingkar mengikuti bentuk CD dengan melebihkan sekitar beberapa milimeter 
dari ukuran CD.
ulangi lagi cara tadi untuk sisi CD sebaliknya. (kalau aku sih pake kain flanel yang warnanya beda dari yang pertama tadi)
3. lem bagian kain yang lebih beberapa milimeter dari CD tadi. udah deh jadi.
nah ini alesan kenapa saya pakai 2 warna yang beda untuk kedua sisi,
biar  banyak variasi dari hanya membalik CD nya :D
langsung dipakai dong di meja makan ;)



fun idea
sehabis saya bikin yang warna-warni tadi, tiba-tiba kepikiran buat bikin bentuk wajan dengan ada telor ceploknya hahaha. cara bikinnya sama kaya yang sebelumnya. cuma tinggal tambah karton buat pegangan tangan wajannya :D
tatakan gelas berbentuk wajan ;D

langsung dicoba juga di meja makan ;D





Fresh strawbbery Ice

ini 'takjil' yang saya bikin kemarin. cuma tinggal potong-potong strawberry terus dicampur air putih di tempat cetakan es. lalu masukin ke kulkas. pas magrib udah jadi deh es ini :D









Potato chips + chocolate

kemarin senin, saya bikin ini buat cemilan berbuka puasa. cara bikinnya gampang banget! cuma chitato yang rasa original dicelupin ke coklat yang udah dilelehkan terus ada yang dikasih meises beberapa. rasanya jadi asin-asin campur manis gitu :9